Biasanya jika Anda membuat suatu laporan pekerjaan yang penuh dengan data-data berupa angka, grafik, dan perhitungan data, Anda menggunakan Microsoft Excel. Memang, dengan Excel Anda dengan mudah dan cepat dapat melakukan proses penghitungan. Dari data-data yang sudah Anda masukkan sebelumnya, Anda tinggal membuat suatu formula untuk perhitungan yang ingin Anda lakukan. Bahkan proses penghitungan yang panjang pun dapat dengan cepat diketahui hasilnya, asalkan Anda benar dalam membuat formulanya. Namun, biasanya yang Anda lihat dalam lembar kerja sudah dalam hasilnya, sedangkan formulanya Anda harus melihatnya di bagian atas.

Apabila Anda ingin formula yang Anda tulis dapat terlihat semuanya, sehingga Anda dapat mempelajari kembali, Anda dapat melakukannya dengan mengaktifkan suatu feature di dalam menu “Options. Caranya sangat mudah dan cepat.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah membuka “Options” dari menu “Tools” yang ada di dalam toolbar di atas. Kemudian jika jendela “Options” telah terbuka, Anda lanjutkan dengan mengklik tab “View”. Banyak setting yang dapat Anda lihat di sana, tetapi Anda cukup mengaktifkan satu fungsi di bagian “Window Options” yaitu “Formula”. Anda tinggal klik saja pada kotak kecil kosong di bagian kiri “Formula”. Setelah itu, tutup dengan menekan tombol “OK”, untuk kembali ke lembar kerja. Kini Anda dapat melihat semua formula yang Anda tulis akan tampak jelas di lembar kerja.

Munculnya semua formula yang ada, dapat dijadikan media belajar bagi para pemula yang masih terus mempelajari rumus-rumus perhitungan di dalam Microsoft Excel.

0 Comments:

Post a Comment